Bhinneka Tunggal Ika Apakah itu..?

Bhinneka tunggal ika yaitu semboyan bangsa indonesia, frasa ini berawal dari bahasa jawa kuno, atau yang sering di sebut Berbeda-beda tetapi tetap satu. Kata Bhinneka berarti ” beraneka ragam” dan bisa juga di sebut berbeda beda , dalam kata jawa kuno berarti macam atau beda di sebut “aneka” dalam B.Indonesia. Kata “TUNGGAL ” berarti ” satu ” , ” IKA ” berarti satu, Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan “Beraneka Satu Itu” , yang artinya meskipun berbeda-beda atau bermacam macam tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan . Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berarti melambangkan dan mengartikan “persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan” . Kalimat ini merupakan kutipan dari sebuah kakawin Jawa Kuna yaitu kakawin Sutasoma, karangan Mpu Tantular semasa kerajaan Majapahit sekitar abad ke-14. Kakawin ini istimewa karena mengajarkan toleransi antara umat Hindu Siwa dengan umat Buddha. Kutipan ini berasal dari pupuh 139, bait 5. Bait ini secara lengkap seperti di bawah ini:

Rwāneka dhātu winuwus Buddha Wiswa,

Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen,

Mangka ng Jinatwa kalawan Śiwatatwa tunggal,

Bhinnêka tunggal ika tan hana dharma mangrwa.

Terjemahan:

Konon Buddha dan Siwa merupakan dua zat yang berbeda.

Mereka memang berbeda, tetapi bagaimanakah bisa dikenali?

Sebab kebenaran Jina (Buddha) dan Siwa adalah tunggal

Terpecah belahlah itu, tetapi satu jugalah itu. Tidak ada kerancuan dalam kebenaran.

Tapi di kalangan para pelajar sekarang Bhinneka tuggal ika hanyalah sebuah materi, padahal semboyan itu harus di pahami dan di lakukan di dalam kehidupan Bangsa Indonesia. Indonesia bermacam macam Agama , suku , ras , bahasa , dll . tapi di dalam perbedaan itu kita harus bisa bersatu walau berbeda, dan kita tak boleh terpecah belah dengan adanya perbedaan. itulah indonesia Satu tujuan yaitu kesatuan walau wana beribu ribu .

Indonesia bukan medan perang perbedaan , indonesia bukan tempat ejekan kebudayaan , Indonesaia adalah Indonesia , berbeda tapi satu yaitu satu tujuan bangsa Indonesia yang damai tentram abadi

SATU.SATU,SATU tetap SATU

Mari angkat telunjuk kita , dan ucapkan sekeras kerasnya pada dunia katakan ” KAMI SATU , WALAU WARNA KAMI BERIBU RIBU” ( ingat yaaa jangan malam malam soalnya banyak yang tidur heheheh)

About these ads

Perihal mr x
i hate satan and devil i love Allah n Muhammad SAW

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: